Pendidikan Lingkungan Hidup di Desa Sebangau Jaya

Palangka Raya (17/03/2017). Balai Taman Nasional Sebangau bersama mitra kerja WWF-Indonesia Kalimantan Tengah melakukan kegiatan Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH) di Desa Sebangau Jaya, Kecamatan Katingan Kuala, Kabupaten Katingan pada tanggal 13 s.d 15 Maret 2017. Kegiatan PLH dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Sebangau Kecil dan Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) Satu Atap 2 Katingan Kuala. Desa yang hanya dapat akses melalui jalur sungai serta berbatasan langsung dengan kawasan TN Sebangau ini memiliki fasilitas pendidikan yang minim yakni terdapat dua Sekolah Dasar dan satu SMP, untuk melanjutkan Sekolah Menengah Atas siswa harus bersekolah di kecamatan tetangga. hal ini tentu berpengaruh pada rendahnya tingkat pendidikan penduduk setempat.

Gambaran Desa Sebangau Jaya

Gambaran Desa Sebangau Jaya

Pada hari pertama kegiatan PLH diberikan kepada anak kelas 3 s.d 6 SD diisi dengan materi dan pemutaran video singkat mengenai lingkungan, pengelolaan sampah serta pengetahuan tentang lahan gambut. Siswa sangat antusias mengikuti seluruh kegiatan, mulai dari menyimak materi, mengikuti game hingga menjawab pertanyaan yang diberikan. Para siswa semakin bersemangat saat mendapat hadiah berupa pin, poster dan buku mewarnai bagi yang dapat menjawab pertanyaan. Kegiatan di hari kedua PLH diberikan untuk anak SMP dari kelas 1 s.d 3 dengan penyampaian presentasi tentang pengelolaan TN Sebangau, pemutaran video kebanjiran di lahan gambut serta dilanjutkan dengan pertanyaan dan game.

Foto bersama anak-anak SDN 1 Sebangau Kecil usai kegiatan pendidikan lingkungan hidup

Foto bersama anak-anak SDN 1 Sebangau Kecil usai kegiatan pendidikan lingkungan hidup

Sore harinya acara dilanjutkan dengan lomba mewarnai untuk anak-anak yang diikuti pelajar SD sampai dengan SMP dilaksanakan di halaman rumah salah satu warga. Anak-anak sangat bersemangat mengikuti lomba tersebut, orangtua dan penduduk desa berkumpul sambil menyaksikan jalannya lomba. Usai lomba, dilakukan penilaian oleh Kepala Desa bersama staf TN Sebangau dan WWF dengan memilih 24 gambar terbaik. Kemudian pada malam harinya pemenang lomba mewarnai diumumkan dan diberi hadiah, setelah itu acara dilanjutkan menonton film bersama yang berjudul Jungle Book.

Foto bersama anak-anak SMPN Satu Atap 2 Usai kegiatan

Foto bersama anak-anak SMPN Satu Atap 2 Usai kegiatan

Umumnya peserta PLH belum mengenal TN Sebangau dan fungsinya sebagai kawasan konservasi sehingga dengan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa cinta terhadap hutan sebangau dan lingkungan sekitarnya. (Reportase Susana –  Evlap Taman Nasional Sebangau)