Launching Buku Baru : Sinergi Konservasi Dua Negeri

Buku ini tidak mungkin ditulis tanpa rangkaian panjang sejarah yang telah dilakukan orang-orang sebelumnya. Itu terutama kesempatan yang telah dimunculkan oleh kerja konservasi para sosiolog, ekolog, antropolog, aktivis, peneliti dan masyarakat yang menyusun mozaik Sebangau sebagai satu kesatuan entitas ekologi.

Gagasan penulisan buku ini terpercik pada awal 2020, ketika tiba masa untuk mengakhiri kerja bersama bilateral pertama antara kawasan konserasi di Indonesia dan Amerika Serikat. Itu setelah terlibat langsung dalam proses sinergi dua kawasan ini selama hampir lima tahun. Selebihnya, adalah proses komunikasi yang kami jalin.

Buku ini seolah tumbuh, berkembang, dan kadang mengerdil di antara kesibukan, tantangan dan prioritas kami dalam menopang kawasan dan perbedaan waktu-jarak antara Palangkaraya-Indonesia dan Virginia-Amerika Serikat.

Buku ini berusaha merangkum semua usaha para aktivis, akademisi lingkungan yang telah mempelajari dan mendukung sejarah kedua kawasan lindung. Buku ini juga menceritakan jalinan kekuatan yang saling menopang, beserta suka-duka perjalanan sinergi, yang berhasil menginspirasi kawasan konservasi yang lain.

Buku ini dapat didownload di E-Katalog Perpustakaan Balai Taman Nasional Sebangau