Tanam Pohon di Hari Bakti Rimbawan ke-32

IMG20150313080757564Hari bakti rimbawan di provinsi kalimantan tengah dilaksanakan dengan semarak, dengan kerjasama antara pemerintah provinsi kalimantan tengah dengan kementerian lingkungan hidup dan kehutanan. Peringatan hari bakti rimbawan yang ke 32 di laksanakan dengan mengadakan pertandingan olahraga antar UPT (Unit Pelaksana Teknis) dan kegiatan penanaman yang dilakukan di beberapa sekolah.

Kegiatan penanaman di sekolah dilakukan untuk menumbuhkan rasa kecintaan anak-anak usia dini pada lingkungan dan menambah pengalaman mereka dalam kegiatan menanam pohon. Diharapkan dengan adanya kegiatan penanaman ini anak-anak akan tergerak untuk menanam pohon di sekitar tempat tinggal mereka masing-masing.

Balai Taman Nasional Sebangau bertugas melakukan penanaman di SMAN 5 Palangka Raya. Bibit yang disediakan sebanyak 300 bibit tanaman. Kegiatan berlangsung mulai pukul 08.00 WIB, siswa SMAN 5 Palangka Raya sangat bersemangat menyambut kegiatan yang akan dilaksakan pada hari itu, mereka berbaris dengan rapi untuk mendapatkan arahan dan sambutan dari perwakilan Balai Taman Nasional Sebangau. Penanaman pertama dilakukan oleh staf BTNS yang diwakili oleh Bapak Aminullah dan Kepala Sekolah SMAN 5 Palangka Raya.

Siswa dibagi dalam 3 (tiga) kelompok untuk menanam agar mudah dalam mengorganisasikan siswa. Penanaman lebih banyak dilakukan di tepi jalan menuju asrama putra dan putri, mereka berharap nantinya jalan menuju asrama akan lebih rindang. 300 bibit yang dirasa akan membutuhkan waktu lama untuk menanam ternyata dilakukan dengan cukup cepat karena antusias dari siswa, bahkan mereka menamai bibit dengan nama mereka masing-masing, mereka mengatakan bahwa mereka bangga karena dapat menanam bibit tersebut.

Penanaman bibit tanaman bagi sebagian orang mungkin hanya sebuah hal kecil yang biasa, tetapi jika dilihat dari senyum dan antusias siswa SMAN 5 dalam melaksanakan penanaman, tentunya hal tersebut merupakan hal besar dan berarti bagi mereka, pengalaman yang mungkin akan dikenang selamanya. Perasaan senang tentunya akan memberikan dampak yang baik bagi diri mereka masing-masing, diharapkan perasaan senang itu dapat mereka tularkan dan sebarkan pada orang lain di sekitar mereka, walaupun mereka tidak merasakan manfaatnya saat ini (hal yang disadari oleh mereka) tetapi 10 hingga 20 tahun ke depan mereka akan merasakan manfaatnya. (devi)

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.