Dirjen KSDAE Dialog Bersama Kelompok Getek Wisata Masyarakat Sekitar Kawasan TN Sebangau

Palangka Raya, Jum’at 18 Agustus 2017. Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Bapak Ir. Wiratno, M, Sc. bersama rombongan mengunjungi Taman Nasional Sebangau pada hari Jum’at 18 Agustus 2017. Kedatangan Bapak Dirjen KSDAE disambut oleh staf lingkup UPT Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kalimantan Tengah dan masyarakat Kelurahan Kereng Bangkirai. Kelurahan Kereng Bangkirai merupakan salah satu Kelurahan yang berbatasan langsung dengan Taman Nasional Sebangau tepatnya di wilayah kerja SPTN I Palangka Raya.

Dialog Bersama Kelompok Getek Wisata

Dialog Bersama Kelompok Getek Wisata

Aula outdoor Dermaga Kereng Bangkirai dipilih menjadi lokasi untuk berkumpul bersama Bapak Dirjen dengan kelompok getek wisata dan staf UPT KLHK. Acara diskusi santai tersebut diawali dengan sambutan Kepala Balai TN Sebangau yang menyampaikan rasa terima kasih dan bangga menerima kunjungan Bapak Dirjen KSDAE. Bapak Ir. Anggodo, MM. menjelaskan bahwa Dermaga Kereng Bangkirai merupakan pintu gerbang memasuki kawasan TN Sebangau. Salah satu destinasi wisata yang telah dikembangkan adalah Sungai Koran, Resort Sebangau Hulu SPTN Wilayah I merupakan lokasi terdekat dari Kereng Bangkirai. Kelompok Getek Wisata mulanya adalah nelayan tradisional yang biasa bekerja di Sungai Sebangau, seiring berkembangnya kegiatan wisata di TN Sebangau sebagian masyarakat beralih profesi menjadi penyedia jasa wisata. Kelompok ini baru saja dibentuk pada tahun 2017 atas dasar kesadaran masyarakat sendiri dan telah bekerjasama dengan Taman Nasional Sebangau sebagai penyedia jasa transportasi. Pada saat ini kelompok getek beranggotakan 15 orang yang diketuai oleh Bapak Jumadi, kelompok dan masyarakat Kereng Bangkirai Berkomitmen untuk turut mengembangkan wisata di TN Sebangau.

Dialog Bersama Kelompok Getek Wisata

Dialog Bersama Kelompok Getek Wisata

Pada kesempatan ini masyarakat berdialog dengan Bapak Dirjen terkait pengembangan wisata di Kereng Bangkirai, dialog berlangsung santai dan penuh keakraban. Beberapa masyarakat menyampaikan harapannya terhadap taman nasional, salah satunya adalah Pak Jumadi yang berbagi pengalaman ketika mengikuti kemah HKAN di TN Baluran beberapa waktu yang lalu. Pak Jum sapaan akrabnya mengutarakan agar kelompok getek dapat memperluas area wisatanya yang saat ini masih sebatas seputaran Dermaga Kereng Bangkirai, kelompok getek ingin lebih intens dapat bekerjasama dengan TN Sebangau dalam mengembangkan wisata. Mereka juga berharap TN Sebangau dapat menambah sarana prasarana wisata seperti menambah gazebo dan tempat selfie di Sungai Koran. Bapak Dirjen KSDAE menanggapi pertanyaan yang diajukan oleh masyarakat, bahwa memang suatu kewajiban taman nasional untuk bisa memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar karena hal tersebut merupakan salah satu fungsi taman nasional.

Bapak Ir. Wiratno, M, Sc. bersama rombongan mengunjungi Taman Nasional Sebangau

Bapak Ir. Wiratno, M, Sc. bersama rombongan mengunjungi Taman Nasional Sebangau

Bapak Dirjen juga memberi apresiasi kelompok getek yang telah sadar akan pentingnya taman nasional dan ikut bekerjasama dalam pengembangan ekowisata di taman nasional, Beliau dan meminta agar Balai TN Sebangau dapat merealisasikan harapan masyarakat. Selain itu Bapak Dirjen juga banyak memberikan arahan kepada TN Sebangau dan kelompok masyarakat. Balai TN Sebangau diharapkan dapat memfasilitasi peningkatan kapasitas kelompok getek dibidang pengetahuan interpretasi tentang kawasan TN Sebangau, bekerjasama dengan masyarakat dalam promosi kawasan dan masyarakat sebagai pemandu wisata juga harus mampu berbahasa Inggris. Sebelum mengakhiri dialog bersama masyarakat Bapak Dirjen mencoba getek wisata di Sungai Sebangau. Semoga kunjungan Bapak Dirjen KSDAE dapat memberikan spirit bagi TN Sebangau untuk bekerjasama lebih baik lagi bersama masyarakat dalam pengelolaan Taman Nasional Sebangau yang berkelanjutan dan memberi manfaat bagi masyarakat sekitar.

(Sumber Informasi : Balai TN Sebangau)