Taman Nasional Sebangau Kembali Menerima Orangutan Hasil Rescue

Palangka Raya, Sabtu 12 Agustus 2017. Balai Taman Nasional Sebangau kembali menerima translokasi Orangutan hasil rescue pada hari Sabtu 12 Agustus 2017. Orangutan yang dirilis tersebut merupakan hasil rescue oleh Tim Rescue Reaksi Cepat (TRRC) dari Seksi Konservasi Wilayah (SKW) I BKSDA Kalimantan Tengah bersama BOS Foundation Nyarumenteng yang di evakuasi dari kebun masyarakat di Desa Kalawa Kabupaten Pulang Pisau. Diketahui bahwa Orangutan berjenis kelamin betina berusia sekitar 15 tahun dalam keadaan sehat dan liar sehingga dapat segera dilakukan translokasi ke habitatnya yang layak. Kepala Balai KSDA Kalimantan Tengah mengarahkan hasil rescue untuk dilepasliarkan di TN Sebangau.

Taman Nasional Sebangau Kembali Menerima Orangutan Hasil Rescue

Taman Nasional Sebangau Kembali Menerima Orangutan Hasil Rescue

Dalam kesempatan ini Kepala Balai TN Sebangau memimpin kegiatan translokasi Orangutan yang berlokasi di Sungai Koran wilayah kerja Resort Sebangau Hulu SPTN Wilayah I Palangka Raya. Pada sabtu pagi Tim Balai TN Sebangau, Tim RRC BKSDA dan BOSF Nyarumenteng menuju lokasi ke hulu Sungai Sebangau dengan menggunakan kelotok. Sesampainya di lokasi Orangutan yang masih berada dalam kandang dibawa oleh tim ke jalur trek plot permanen. Ketika tutup kandang dibuka oleh Bapak Ir. Anggodo, MM. Orangutan betina yang diberi nama Agustina dengan lincah langsung bergerak memanjat pohon dan masuk ke dalam hutan. Terlihat jelas Orangutan tampak bahagia dapat kembali ke habitatnya yang layak, begitupun para penggiat konservasi yang ikut senang melihat satwa endemik terancam punah ini masih dapat diselamatkan dan kembali ke habitat alaminya.

Taman Nasional Sebangau Kembali Menerima Orangutan Hasil Rescue

Taman Nasional Sebangau Kembali Menerima Orangutan Hasil Rescue

Proses pelepasliaran Orangutan selain bertujuan untuk mengembalikan satwa ke habitat alaminya ternyata menjadi salah satu atraksi wisata yang ditunggu oleh pengunjung, pada kegiatan translokasi orangutan kali ini wisatawan berasal dari Kota Jakarta ikut serta menyaksikan momen spesial tersebut. Hal ini didukung oleh ketersediaan sarana prasarana wisata yang terus ditingkatkan, salah satunya adalah wooden trail yang baru dibangun di Sungai Koran semakin memudahkan bagi wisatawan yang ingin melakukan tracking di hutan rawa gambut. Namun demikian Balai TN Sebangau masih perlu melakukan kajian terkait translokasi karena TN Sebangau merupakan habitat Orangutan dengan jumlah populasi sekitar 5826 individu (BTNS 2015). Sementara sejak tahun 2011 hingga Agustus 2017 telah melakukan translokasi Orangutan sebanyak 47 individu.

(Sumber Informasi : Balai TN Sebangau)