Pemberdayaan Masyarakat, Upaya Pengelolaan TN Sebangau Secara Kolaboratif

Sebagai upaya bersinergi dengan usaha pengembangan ekonomi masyarakat di sekitar Kawasan Konservasi, Pihak Balai Taman Nasional Sebangau pada tanggal 21 Maret 2018 mengadakan kegiatan pembentukan kelompok kegiatan pemberdayaan masyarakat di Kelurahan Kereng Bangkirai. Kelurahan Kereng Bangkirai sebagai lokasi pemberdayaan masyarakat terpilih sebagai lokasi kegiatan dikarenakan secara administratif Kelurahan Kereng Bangkirai berbatasan langsung dengan Taman Nasional Sebangau. Selain itu masyarakat di kelurahan tersebut memiliki interaksi yang cukup tinggi dengan Taman Nasional Sebangau. Dari hasil kegiatan tersebut, terbentuk 2 kelompok masyarakat yakni kelompok jasa wisata perahu klotok dan kelompok nelayan, dengan jumlah masing-masing kelompok berjumlah 15 orang.

Presentasi Kepala SPTN Wilayah I

Presentasi Kepala SPTN Wilayah I

Pada kegiatan ini Kepala SPTN I Wilayah Palangka Raya, Lisna Yulianti, M.Sc menyampaikan mekanisme dalam pelaksanaan pemberdayaan masyarakat. Terdapat beberapa kegiatan yang akan dilakukan sebelum proses penyaluran bantuan pemberdayaan masyarakat yakni penetapan sasaran lokasi, penyusunan Rencana Pemberdayaan Masyarakat dan pengembangan kapasitas masyarakat melalui kegiatan pelatihan, pendampingan dan penyuluhan. Diskusi dilakukan antara pihak Balai TN Sebangau dan masyarakat untuk mengetahui potensi yang dimiliki dan bentuk kegiatan pengembangan kapasitas yang sangat diperlukan oleh masyarakat Kelurahan Kereng Bangkirai.

kelompok jasa wisata perahu getek

kelompok jasa wisata perahu getek

Dari hasil diskusi diketahui bahwa untuk kegiatan pengembangan kapasitas, kelompok masyarakat menginginkan adanya kegiatan pelatihan pemandu wisata. “Kami sangat berharap pihak Balai TN Sebangau dapat memberikan pelatihan bagaimana menjadi seorang pemandu wisata yang baik, sehingga ketika kami mendampingi tamu berkunjung ke TN Sebangau, tamu puas dengan pelayanan yang kami berikan” ungkap Supardi, salah satu anggota kelompok jasa wisata perahu klotok.

kelompok nelayan

kelompok nelayan

Diharapkan kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh Balai TN Sebangau dapat meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat di sekitar TN Sebangau serta masyarakat berpartisipasi aktif menjadi mitra Balai TN Sebangau dalam pengembangan kegiatan konservasi.