Menata Kota dan Melestarikan Gambut Tropika

Kepala Balai TN Sebangau Andi Muhammad Kadhafi, S.Hut., M.Si. memenuhi undangan untuk mendampingi Walikota Palangka Raya Fairid Naparin dalam Penyampaian Paparan Proposal DAK Integrasi Bidang Air Minum, Sanitasi, dan Perumahan Tahun Anggaran 2022 yang dilaksanakan secara virtual di Paviliun Rumah Jabatan Wali Kota Palangka Raya. Senin, 2 Agustus 2021.

Dalam acara tersebut Walikota Palangka Raya menyajikan fokus penataan dan pengembangan infrastruktur yang telah disusun dalam rangkaian kegiatan dengan kajian teknis dan penilaian tingkat lapangan kepada pembahas utama Kepala Pusat Fasilitasi Infrastruktur Daerah, Sekretariat Jenderal Kementerian PUPR, Direktorat Perumahan dan Pemukiman Kementerian PPN/Bappenas serta Direktorat Interkementerian.

Program DAK yang disampaikan oleh Bapak Walikota Palangka Raya merupakan pengelolaan daerah kumuh di Kelurahan Kereng Bangkirai yang meliputi kegiatan penataan dan revitalisasi rumah sekitar bantaran sungai, peningkatan akses jalan dan Penerangan Jalan Umum (PJU), pengelolaan sampah/ limbah rumah tangga, penyediaan air bersih serta mekanisme penataan yang akan dilaksanakan. Harapannya program ini dapat berjalan sesuai dengan design konsep yang telah disusun dan menjadi salah satu Role Model dalam penataan perumahan sekitar sungai di Indonesia.

Kehadiran Kepala Balai TN Sebangau merupakan bentuk dukungan dan komitmen bahwa upaya penataan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Palangka Raya di Kelurahan Kereng Bangkirai berpeluang besar memberikan dampak bagi sosial dan ekonomi masyarakat yang secara geografis sangat dekat dengan kawasan TN Sebangau.

Kereng Bangkirai merupakan gerbang wisata alam di Palangka Raya menuju kawasan TN Sebangau, pada tahun 2020 lalu melalui fasilitasi Walikota Palangka Raya dan jajarannya, usulan pengembangan pengelolaan hutan gambut TN Sebangau dapat kami selesaikan. TN Sebangau dalam rancangannya membangun Center of Excellent Pengelolaan Hutan Gambut Tropika melalui mekanisme pembiayaan SBSN tahun 2022.

Virtula meeting ini juga diikuti Kepala Disperkimtan Kota Palangka Raya, Kepala Bappedalitbang Kota Palangka Raya, Kepala Dinas PUPR Kota Palangka Raya dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Palangka Raya. 

(Tim Media Informasi TN Sebangau, Hidayat T – Agustus 2021)