Aksi Sapta Pesona di Dermaga Kereng Bangkirai oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalteng

Pada tanggal 26 Juli 2018, di dermaga Kereng Bangkirai yang merupakan pintu utama memasuki kawasan TN Sebangau telah dilaksanakan Aksi Sapta Pesona. Aksi merupakan salah satu program prioritas dari Kementerian Pariwisata yang ditindaklanjuti oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalteng sebagai salah satu mitra Balai TN Sebangau dalam mengembangkan wisata alam. Dalam sambutan nya pada acara pembukaan , Bapak Drs. Yuel Tanggara selaku Staf Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan SDM menyampaikan bahwa dengan adanya Aksi Sapta Pesona diharapkan meningkatkan kesadaran masyarakat sekitar maupun pengunjung untuk menjaga kebersihan, kenyamanan, ketertiban dan keamanan di sekitar Dermaga Kereng Bangkirai.

Aksi Sapta Pesona

Aksi Sapta Pesona

Aksi Sapta Pesona ini diikuti sekitar 200 orang yang berasal dari berbagai elemen masyarakat antara lain Kelompok Sadar Wisata, Dewan Adat Dayak, ASITA, HPI, Masyarakat dan Pedagang sekitar dermaga Kereng Bangkirai, Struktur Organisasi Perangkat Daerah seperti Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perhubungan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Dinas Pekerjaan Umum dan Dinas Perdagangan dan Peindustrian. Aksi Sapta Pesona dimulai dengan pembagian peralatan seperti sapu lidi, tong sampah, gerobak sampah dan kantong sampah kemudian dilanjutkan dengan pembersihan sampah di sekitar Dermaga Kereng Bangkirai. Cuaca panas tidak menyurutkan semangat peserta untuk mengambil sampah plastik yang bertebaran di sekitar dermaga.

Aksi Sapta Pesona

Aksi Sapta Pesona

Aksi Sapta Pesona berakhir kurang lebih pada pukul 12.00, namun dalam pidato dalam pada saat penutupan acara, Kepala Bidang Pengembangan Destinasi dan Kelembagaan Pariwisata berpesan bahwa sapta pesona merupakan elemen penting pengembangan wisata alam sehingga kegiatan menjaga ketertiban dan kebersihan dermaga Kereng Bangkirai harus terus menerus dilakukan agar dimasa mendatang Dermaga Kereng Bangkirai yang saat ini jumlah pengunjungnya sudah meningkat secara signifikan bisa menjadi destinasi wisata unggulan di Provinsi Kalteng.