Tiga Duta Besar Kunjungi Taman Nasional Sebangau

Kunjungan 3 Duta besar Ke Taman Nasional Sebangau

Kunjungan 3 Duta besar Ke Taman Nasional Sebangau

Kamis, 8 Februari 2018, Taman Nasional Sebangau kembali menjadi magnet bagi para pejabat tinggi dunia. Kali ini Duta besar Indonesia untuk Norwegia, Bapak H.E Todung Mulya Lubis, Duta Besar Norwegia H.E Vegard Kaale, dan Duta besar Finlandia H.E Paivi Hitunen Toivo berkesempatan untuk menjelajah dan melakukan observasi lapangan ke Wilayah Resort Mangkok yang berada di Seksi Pengelolaan Wilayah II Pulang Pisau, Taman Nasional Sebangau. Dalam kunjungan ini para Duta Besar juga didampingi oleh beberapa counsellor serta direktur dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia.

Vegard Kaale - Duta Besar Norwegia

Vegard Kaale - Duta Besar Norwegia

Para tamu istimewa ini disambut hangat oleh Kepala Balai Taman Nasional Sebangau, Anggodo, serta Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kalimantan Tengah, Guntur Talajan, yang berperan sebagai tuan rumah. Ketertarikan dan kegembiraan terlihat dari wajah dan senyum mereka. Agenda utamanya adalah melihat langsung proses suksesi alami melalui kegiatan restorasi ekosistem di Taman Nasional Sebangau. Treking, sembari mempelajari tata hidrologi gambut melalui penjelasan sekat kanal dan alat monitoring tinggi muka air, serta mengamati sarang Orangutan. Tak lupa juga berdiskusi tentang pengelolaan kawasan pun dilakukannya.

Paivi Hitunen Toivo - Duta Besar Finlandia

Paivi Hitunen Toivo - Duta Besar Finlandia

“Ayo datang dan kunjungi Taman Nasional Sebangau, tempat yang mempunyai keunikan hutan rawa gambut” ujar Todung, sembari ikut mempromosikan wisata di Sebangau. Menurut pria yang baru saja dilantik sebagai Duta Besar Indonesia untuk Norwegia, kedatangannya ke Taman Nasional Sebangau adalah bentuk pembelajaran lapangan sebelum penugasanya. Mengembangkan skema pendanaan REDD+ adalah tugas berat yang akan dibawanya di Oslo nanti bersama CEO WWF Indonesia Bapak Rizal Malik yang kebetulan juga ikut serta dalam rombongan.