Penyampaian Bantuan Usaha Ekonomi Produktif

Published by adi on

Kereng Bangkirai, 21 Oktober 2022

Dalam rangka membantu peningkatan usaha dan minat berusaha Balai Taman Nasional (TN) Sebangau merealisasikan Program Bantuan Sosial Ekonomi Masyarakat sekitar kawasan.

Penyampaian bantuan atau modal luncuran menjadi stimulan pemerintah agar masyarakat dapat berdaya, mampu memaksimalkan segala usaha yang dilakukan agar dapat berkembang dan mampu memberikan kemandirian sebagai wahana peningkatan pendapatan ekonomi. TN Sebangau, sebagai bagian dari Pemerintah, unit organisasi kecil di bawah Ditjen KSDAE – Kementerian LHK hanyalah agen atau duta yang memfasilitasi dan memastikan masyarakat dapat terus berusaha dan pelestarian kawasan dapat berjalan sebagaimana yang diharapkan.

Penyampaian bantuan usaha diwilayah Resort Sebangau Hulu, SPTN Wilayah I Palangka Raya disampaikan secara simbolis oleh Kepala Balai TN Sebangau, Andi Muhammad Kadhafi, S.Hut.,M.Si, didampingi Kepala SPTN Wilayah I Palangka Raya Ibu Lisna Yulianti, S.Hut.,M.Si, Kepala Resort Sebangau Hulu dengan penerima adalah kelompok nelayan “Sebangau Berkah” Kelompok yang dibentuk pada tahun 2021 dengan jumlah anggota sebanyak 12 orang, seluruhnya berdomisili di Kelurahan Kereng Bangkirai dan sesuai namanya merupakan kelompok usaha yang bergerak dibidang perikanan dengan spesifikasi nelayan tangkap tradisional.

Bantuan yang diterima kelompok nelayan Sabangau Berkah berupa bahan alat tangkap ikan tradisional diantaranya jaring rengge, kawat loket ¾ inch, kawat loket ¼ inch dan jaring trowl 2,5 inch.

“Saya berharap bantuan usaha yang diberikan dapat dimanfaatkan secara maksimal dan dijaga sebaik mungkin semoga bantuan kecil ini dapat memberikan hasil tangkapan yang maksimal” ucap kepala Balai TN Sebangau sesaat sebelum proses simbolis serah terima dilakukan.

Lebih lanjut Kepala Balai TN Sebangau juga berharap kepada seluruh anggota kelompok Sabangau Berkah dapat menjadi duta di lingkup kelompok dan masyarakat dalam kerjasama menjaga kelestarian Kawasan TN Sebangau.

Teks : Anak Agung Gede Eka Purnata, S.Hut | Editor : Hidayat Turrahman, S.Hut.

Categories: Berita